Cara Efektif Mengobati Mata Bintitan Yang Mengganggu

Cara Efektif Mengobati Mata Bintitan Yang Mengganggu - Pada Artikel kesehatan kali ini kita akan membahas masalah Mata Bintitan.

Bintitan merupakan kondisi yang mana timbul benjolan sebesar jerawat di kelopak mata. Biasanya bintitan hanya mucul pada bagian kelopak mata sebelah saja, bukan di kedua kelopak mata.
Pada dasarnya penyebab bintitan terjadi karena infkesi yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bakteri tersebut hidup di kulit manusia yang mana tidak menyebabkan timbulnya penyakit kulit. Biasanya resiko terjadinya bintitan pada kelopak mata meningkat pada saat kita menyentuh mata dengan kondisi tangan yang kotor. 

Bintitan terkadang terjadi pada kelopak mata bagian luar,  selain itu juga bisa muncul di bagian dalam kelopak mata. Tak heran jika Bintitan yang timbul di bagian dalam kelopak mata lebih menyakitkan daripada yang muncul di luar.

Bintitan bisanya timbul dengan gejala-gejala sebagai berikut.

- Mata merah dan berair.
- Kelopak mata terasa nyeri dan bengkak.
- Timbul kotoran mata pada sekeliling kelopak mata.

Cara mencegah terjadinya Bintitan ternyata sangat mudah jika anda benar-benar tidak ingin mengalami yang namanya bintitan, perhatikan hal - hal berikut untuk mencegah terjadinya bintitan.

1. Jangan menggosok mata. Tindakan ini dapat memicu iritasi dan berpindahnya bakteri ke mata.
2. Lindungi mata Anda dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
3. Jika Anda menggunakan lensa kontak, cuci dan sterilkan sebelum digunakan. Pastikan Anda tidak lupa mencuci tangan sebelum memasangnya.
4. Perhatikan kosmetik yang Anda gunakan. Hindari kosmetik yang kedaluarsa, bersihkan dandanan Anda sebelum tidur, dan buanglah kosmetik untuk mata yang pernah Anda gunakan sebelum dan sewaktu mengidap bintitan.
5. Segera tangani infeksi atau inflamasi pada kelopak mata dengan seksama.

Langkah mudah untuk mengobati Bintitan pada kelopak mata adalah sebagai berikut.
  • Menjaga kebersihan mata, misalnya dengan menghindari pemakaian kosmetik untuk sementara.
  • Kompres air hangat. Mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 3-6 kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan.
  • Jangan memakai lensa kontak. Hindari lensa kontak sampai bintitan sembuh.
  • Analgesik. Anda bisa mengonsumsi analgesik atau obat pereda sakit jika dibutuhkan
Biasanya Bintitan pada mata akan hilang dengan sendirinya dalam waktu lebih kurang mulai dari 7 s/d 20 hari. Jika memang belum ada tanda-tanda bintitan mulai menghilang alangkan lebih baik jika segera berobat ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut tentang masalah yang terjadi pada kelopak mata anda.


Bagika artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.