Cara Efektif Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Tubuh Manusia

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Tubuh Manusia - Sistem pencernaan merupakan sistem organ dalam manusia yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Sistem pencernaan antara satu dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.

Secara spesifik, sistem pencernaan berfungsi untuk mengambil makanan, memecahnya menjadi molekul nutrisi yang lebih kecil, menyerap molekul tersebut ke dalam aliran darah, kemudian membersihkan tubuh dari sisa pencernaan .

Adapun organ tubuh dalam yang termasuk dalam sistem pencernaan terbagi menjadi dua kelompok:
  • Saluran pencernaan
Saluran pencernaan merupakan saluran yang kontinyu berupa tabung yang dikelilingi otot. Saluran pencernaan mencerna makanan, memecah nya menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Organ-organ yang termasuk di dalam nya adalah : mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus serta usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar tubuh melalui anus.
  • Organ pencernaan tambahan
Organ pencernaan tambahan ini berfungsi untuk membantu saluran pencernaan dalam melakukan kerjanya. Gigi dan lidah terdapat dalam rongga mulut, kantung empedu serta kelenjar pencernaan akan dihubungkan kepada saluran pencernaan melalui sebuah saluran. Kelenjar pencernaan tambahan akan memproduksi sekret yang berkontribusi dalam pemecahan bahan makanan. Gigi, lidah, kantung empedu, beberapa kelenjar pencernaan seperti kelenjar ludah, hati dan pankreas.

Siapa saja dari kita wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh, adapun beberapa tips untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan yang dikutip dari carakhasiatmanfaat.com adalah sebagai berikut .

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga dengan teratur dapat membantu makanan lebih mudah bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga mengurangi resiko sembelit. Olahraga teratur juga membantu mempertahankan berat badan yang ideal atau sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan. Buatlah jadwal olahraga yang secara teratur Anda lakukan dalam seminggu. Baca juga : Penyakit akibat kurang olahraga.

2. Batasi makanan yang banyak mengandung lemak

Makanan berlemak secara umum cenderung memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda Anda lebih rentan sembelit. Tapi  juga penting untuk mendapatkan beberapa lemak dari diet. Menambahkan makanan tinggi serat pada makanan berlemak dapat mempermudahnya pada sistem pencernaan.

3. Konsumsi serat

Ada dua jenis serat makanan, yaitu serat larut dan tak larut. Masing-masing bermanfaat membantu sistem pencernaan, namun dengan cara yang berbeda. Serat jenis larut bersifat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga membantu mengumpulkan semua kotoran. Serat larut bermanfaat mencegah kotoran yang terlalu encer. Sumber serat larutyang baik termasuk dedak gandum, oat, sayuran, dan biji-bijian.

4. Diet makanan tinggi serat

Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan bisa meningkatkan Anda kesehatan pencernaan. Serat bermanfaat membantu menjaga makanan supaya mudah bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga mengurangi resiko sembelit. Hal ini juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai macam masalah pencernaan, seperti  wasir dan sindrom iritasi usus besar. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

5. Makan teratur sesuai jadwal

Mengkonsumsi makanan dan makanan ringan dengan jadwal yang teratur bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mulai dari makan sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan pada waktu yang sama setiap hari.

6. Cukup asupan cairan

Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan. Peran Air didalam sistem pencernaan adalah membantu melarutkan lemak dan serat larut, sehingga memungkinkan mudah untuk melaluinya.

7. Memilih daging tanpa lemak :

Protein merupakan salah satu komponen penting yang harus ditambahkan kedalam diet yang sehat, namun tambahan lemak dari dagingbisa menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Pada saat Anda makan daging, pilihlah potongan yang tipis tanpa lemak, dan daging unggas tanpa kulit.


Bagikan jika bermanfaat. Terima kasih.