Cara Mengatasi Memory Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca Pada Ponsel

Cara Mengatasi Memory Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca Pada Ponsel - Kerap kali kita sering mengalami kerusakan pada Memory Card atau SD Card yang terdapat pada ponsel yang dimiliki.

Memory Card yang juga kita kenal dengan tempat penyimpanan eksternal yang berguna untuk menyimpan berbagai file yang biasanya jika kita menyimpannya di dalam ponsel dapat menyebabkan ponsel kita kehabisan memory internal pada perangkat ponsel, serta mengakibatkan lelet.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam mengatasi Memory Card yang rusak adalah dengan beberapa cara yang akan saya jelaskan di bawah ini.


1 . Melakukan format pada Memory Card

Yang harus anda lakukan adalah dengan memformat Memory Card yang anda miliki melalui PC ataupun juga bisa dilakukan melalui ponsel. Caranya cukup mudah, jika melalu PC alangkah baiknya jika anda melakukan cadangan terlebih dahulu file apa saja yang masih anda butuhkan, jika dirasa cukup maka anda bisa langsung memformatnya.
Pada ponsel untuk melakukan juga sangat mudah, pada pengaturan peyimpanan pada ponsel biasa nya tersedia pilihan untuk format memory.
Format memory dilakuan agar memory kembali ke semula seperti pertama kali anda membelinya di toko, hal ini sangat disarankan bagi memory anda yang rusak atau tidak bisa terbaca di ponsel.

2. Membersihkan Memory Card

Untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu.
Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih. Jika anda sudah cukup yakin telah bersih, pasang kembali memory card kedalam ponsel anda, dan lihat sudah terbaca atau belum, alangkah lebih baik pada saat memasang memory card kondisi ponsel sedang dalam keadaan mati.

3. Mnghubungkan Ponsel Ke PC
Cara ini dilakukan untuk memeriksa apakah terjadi eror pada memory card yang kita miliki. Langkah yang harus anda lakukan adalah hubungkan ponsel anda ke pc, kemudian tunggu sejenak sampai pc membaca usb yang baru saja terhubung, setelah itu klik kanan pada folder memory card anda kemudian pilih untuk melakukan eror checking, setelah selesai silahkan eject memory card dan pasang kembali ke ponsel anda. jika memang belum terbaca anda bisa mencoba untuk memformatnya langsung melalui pc.


Bagikan jika bermanfaat. Terima kasih.