Fakta Unik Hajar Aswad Yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Fakta Unik Hajar Aswad Yang Wajib Diketahui Umat Muslim - Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Islam berasal dari surga, dan yang pertama kali menemukannya adalah Nabi Ismail dan yang meletakkannya adalah Nabi Ibrahim. 


Dahulu kala batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah Arab. Namun semakin lama sinarnya semakin meredup dan hingga akhirnya sekarang berwarna hitam. 
Batu ini memiliki aroma yang unik dan ini merupakan aroma wangi alami yang dimilikinya semenjak awal keberadaannya, dan pada saat ini batu Hajar Aswad tersebut ditaruh di sisi luar Kabah sehingga mudah bagi seseorang untuk menciumnya. 
Adapun mencium Hajar Aswad merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Karena dia selalu menciumnya setiap kali saat tawaf.

Sejarah Peletakkan Hajar Aswad oleh Rasulullah SAW.

Pada masa Rasulullah berusia 30 tahun, pada saat itu dia belum diangkat menjadi rasul, bangunan ini direnovasi kembali akibat banjir yang melanda Kota Mekkah pada saat itu. Ketika sampai pada peletakan Hajar Aswad, Suku Quraisy berselisih, siapa yang akan menaruhnya. Perselisihan ini nyaris menimbulkan pertumpahan darah, akan tetapi dapat diselesaikan dengan kesepakatan menunjuk seorang pengadil hakim yang memutuskan. Pilihan tersebut, ternyata jatuh pada Nabi Muhammad Saw.

Rasulullah Saw dengan bijak berkata pada mereka, “Berikan padaku sebuah kain”. Lalu didatangkanlah kain kepada dia, kemudian dia mengambil hajar Aswad dan menaruhnya dalam kain itu dengan tangannya. Lalu dia berkata, ” Hendaklah setiap qabilah memegang sisi-sisi kain ini, kemudian angkatlah bersama-sama!”. Mereka lalu melakukannya dan ketika telah sampai di tempatnya, Rasulullah menaruhnya sendiri dengan tangannya kemudian dibangunlah.

Banyak Fakta unik yang terjadi dengan Batu Hajar Aswad, salah satunya yang paling fenomenal adalah Zero Magnetism Area. Pada daerah Zero magnetism area dipercaya jika kita menggunakan kompas pada daerah tersebut, maka kompas kita tidak akan berfungsi sama sekali karena daya tarik yang sangat kuat antara 2 kutub. Dimana letak area ini ? Area ini terletak di tengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan.

Tak heran banyak orang yang menyimpulkan kenapa orang yang tinggal di Mekah selalu sehat dan memiliki umur yang panjang. Kota Mekah juga tidak banyak dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Oleh karena itulah saat orang-orang yang sedang melakukan ibadah Haji dan ketika mengelilingi Ka'bah mereka merasa seperti mendapatkan sebuah energi misterius yang telah terbukti secara ilmiah.

Ada peneliti lain yang menyebutkan bahwa Batu Hajar Aswad merupakan batu yang dapat mengambang di air dan merupakan batu paling tua yang pernah ada di dunia. Dari negara Inggris mengkonfirmasi bahwa mereka memiliki 3 buah potongan batu dari Ka'bah yang tersimpan di museum Inggris. Saat ditanyai pihak museum menyebutkan bahwa potongan batu tersebut sesaat setelah dilakukan penelitian yang panjang akhirnya menyimpulkan bahwa Batu Hajar Aswad bukanlah jenis batu yang berasal dari bumi.

Diantara itu semua ternyata Hajar Aswad juga memiliki Fakta Unik lain yang sangat istimewa bagi para umat muslim.

1. Batu Haja Aswad Memiliki Aroma yang Harum
Hal tesebut bukan cuma omongan kosong belaka, walaupun sudah dicium oleh milyaran manusia, batu hajar aswad sampai saat ini masih memiliki harum yang sama seperti semula.

2. Batu Hajar Aswad Terpecah
Dikarenan peristiwa yang terjadi pada masa lalu, Batu Hajar Aswad yang semula berdiameter kisaran 30 cm terpecah menjadi beberapa bagian.
Hingga pada akhirnya Batu Hajar Aswad dapat disatukan kembali dan diibingkai dengan perak untuk dikembalikan ke tempatnya semula.

3. Mencium Batu Hajar Aswad Sunnah Bagi Umat Muslim
Seperti penjelasan yang diatas, sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasullullah SAW pada saat setiap kali melakukan Tawaf selalu mencium Batu Hajar Aswad saat sedang melaksanakan ibadah Haji.


Bagikan Artikel ini jika bemanfaat. Terima kasih.