Inilah 5 Terowongan Paling Menakjubkan Di Dunia

Inilah 5 Terowongan Paling Menakjubkan Di Dunia - Terowongan merupakan sebuah tembusan di bawah permukaan tanah atau gunung. Terowongan umumnya tertutup di seluruh sisi kecuali di kedua ujungnya yang terbuka pada lingkungan luar.

Saat ini banyak sekali terowongan yang terdapat di berbagai penjuru dunia yang memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan masing-masing tiap negara yang membangun terowongan tersebut. Selain itu juga ternyata Terowongan memiliki keunikan sendiri baik dari segi design serta lokasi berdirinya yang mana sangat menarik untuk kita ketahui bersama.

1. Terowongan Cu Chu

Merupakan Terowongan yang berada di negara Vietnam. Memiliki panjang sekitar 200km dan saat ini hanya digunakan sepanjang 120 km saja.
Terowongan yang dibangun pada perang vietnam ini digunakan sebagai tempat perlindungan, yang mana di dalam terowongan tersebut didirikan rumah sakit, dapur, kamar tidur, ruang pertemuan, gudang senjata. Saat ini terowongan ini berfungsi sebagai lokasi wisata yang terkenal di Vietnam

2. Terowongan Channel

Terowongan yang berada di Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) merupakan terowongan rel dengan panjang lebih kurang 50 km, yang mana terowongan ini menghubungkan Cheriton, Kent, di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di utara Perancis. Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Terowongan Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnelplc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel
Untuk mengantisipasi ancaman kebakaran, para perancangnya telah membangun terowongan yang lebih kecil di antara tabung utama, sebagai bagian dari jalur evakuasi. 

3. Terowongan Infiltrasi

Pada tahun 1970, tiga terowongan yang berbeda ditemukan di sepanjang salah satu perbatasan paling panas di dunia. Pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea. Terowongan invasi ketiga, juga dikenal sebagai Third Tunnel of Aggression nyaris hanya 26 mil dari kota Seoul, ibukota Korea Selatan. Terowongan rahasia ini memberi Korea Utara keuntungan besar untuk melakukan serangan militer besar-besaran terhadap Korea Selatan.

4. Terowongan Penyelundupan

Terowongan dengan panjang mencapai 1000 meter ini baru saja ditemukan oleh para pejabat AS dan Meksiko. Terletak di Tijuana, Meksiko, Terowongan yang digunakan untuk tindak kejahatan ini digunakan untuk membawa obat-obatan terlarang. Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah besar terowongan ilegal telah ditemukan di AS, yang berasal dari Kanada dan Meksiko. Terowongan ini digalii lebih 860 meter menuju ke Amerika Serikat, tanpa dilengkapi dengan pencahayaan, sistem ventilasi, listrik dan bahkan lift. Drug Enforcement Agency (DEA) di Amerika Serikat, mengatakan bahwa pembangunan terowongan ini telah berlangsung selama lebih dari dua tahun.

5. Terowongan Tokyo Bay Aqua Line

Merupakan kombinasi antara jembatan dan Terowongan yang menghubungkan  kota Kawasaki di Kanagawa dengan kota Kisarazu di Chiba, dan merupakan bagian dari National Route 409. Dengan panjang keseluruhan 14 km, yang termasuk sebuah jembatan sepanjang 4,4 km dan 9,6 km terowongan bawah (laut) teluk-terowongan keempat terpanjang bawah air di dunia. Terowongan yang berada di negara Jepang ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat tempat per-istirahatan sangat besar yang sengaja di buat pada pintu masuk terowongan.



Bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.