Makanan Yang Dipercaya Membantu Kesehatan Empedu Secara Alami

Makanan Yang Dipercaya Membantu Kesehatan Empedu Secara AlamiEmpedu merupakan cairan bersifat basa yang pahit dan berwarna hijau kekuningan karena mengandung pigmen bilirubin, biliverdin, dan urobilin, yang disekresikan oleh hepatosit hati pada sebagian besar vertebrata.


Setiap harinya cairan Empedu disekresikan oleh hati sebanyak 500-1000cc di mana sekresinya berjalan terus menerus, jumlah yang disekresikan akan meningkat jika mencerna lemak. Pada beberapa spesies, empedu disimpan di dalam kantung empedu dan dilepaskan ke usus dua belas jari untuk membantu proses pencernaan makanan. Sebuah kantong empedu berbentuk terong dan merupakan membran berotot, letaknya dalam sebuah lobus disebelah permukaan di bawah hati sampai pinggir depannya, panjangnya 8–12 cm, berkapasitas 60 mL. Lapisan empedu(kantong) terdiri dari lapisan luar serosa/pariental, lapisan otot bergariss ,lapisan dalam mukosa/viseral yang disebut juga membran mukosa.

Bagian-bagian dari kantong Empedu:
1. Fundus vesika felea, merupakan bagian kantong empedu yang paling akhir setelah korpus vesika felea.
2. Korpus vesika felea, bagian dari kantong empedu yang dalamnya berisi getah empedu(cairan empedu).
3. Leher kandung kemih, merupakan leher dari kantng empedu yaitu saluran pertama masuknya getah empedu ke kantong empedu.
4. Duktus sistikus, panjangnya 3 cm berjalan dari leher kantung empedu dan bersambung dengan duktus hepatikus , membetuk saluran empedu ke duodenum.
5. Duktus hepatikus, saluran keluar dari leher.
6. Duktus keledokus, saluran yang membawa getah empedu ke duodenum.

Salah satu fungsi hati adalah untuk mengeluarkan Empedu, normalnya empedu dihasilkan antara 600-1200 ml/hari. Kandung empedu mampu menyimpan sekitar 45 ml empedu. Diluar waktu makan, empedu disimpan untuk sementara di dalam kandung empedu, dan mengalami pemekatan sekitar 50 Persen.


Proses diet yang salah malah akan membentuk batu pada kandung empedu. Lalu, bagaimana cara mementukan diet yang baik agar kesehatan kandung empedu dapat terjaga? Berikut ini jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi :

Buah – buahan

Buah – buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral serta serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kandung empedu anda. dengan konsumsi buah – buahan yang rutin akan membantu kinerja kandung kemih anda menjadi lebih ringan. Selain itu, buah – buahan juga mengandung antioksidan. Berikut ini jenis buah – buahan yang baik :
  1. Apel
  2. Pisang
  3. Alpukat
  4. Papaya
  5. Jeruk
  6. Berry
  7. Melon
  • Sayur – sayuran
Sama seperti buah – buahan, sayur – sayuran juga memiliki kandungan serat, antioksidan dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan kandung empedu anda. berikut ini jenis sayur – sayuran yang baik untuk kesehatan empedu anda :
  1. Bayam
  2. Kol
  3. Brokoli
  4. Wortel
  5. Sayuran hijau lainnya
  • Minyak Nabati
Minyak nabati merupakan jenis minyak yang memiliki kandungan kolestrol dan asam lemak, serta lemak trans yang rendah. Apabila dengan menggunakan minyak goreng biasa, kolestrol dan lemak yang terkandung pada minyak goreng biasa akan mengganggu kerja kandung empedu. Disarankan untuk menggunakan minyak nabati, seperti :
  1. Minyak zaitun
  2. Minyak canola
  3. Minyak kelapa, bukan kelapa sawit.
  • Kacang – kacangan
Jenis kacang – kacangan merupakan makanan kaya serat yang sangat tinggi. Serat yang tinggi ini dapat membantu untuk melancarkan pencernaan, dan dapa menjaga kesehatan dari kandung empedu. Dengan adanya serat, kerja dari kandung empedu akan berkurang, karena dapat menyerap lemak dan kolestrol lebih baik sehingga tidak terjadi penumpukan. Berikut ini jenis kacang – kacangan yang baik untuk kandung empedu :
  1. Kacang edamame
  2. Kacang putih
  3. Kacang merah
  4. Kacang hijau
  5. Kacang kedelai
  • Biji – bijian
Biji – bijian memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan lengkap untuk dikonsumsi. Beberapa biji – bijian mengandung serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan kandung empedu. Berikut ini jenis biji – bijian yang baik untuk kandung empedu :
  1. Beras merah
  2. Gandum
  3. Kinoa
  4. Barley

Bagikan Artikel Kesehatan ini jika bermanfaat. Terima kasih.