Makanan Yang Dipercaya Membuat Sakit Perut

Zona1000.com - Kita semua harus perhatikan makanan sebelum masuk kedalam perut, yang mana terkadang makanan itu sendiri berdampak buruk bagi sistem pencernaan yang kita miliki.


Berbicara tentang makanan memang merupakan kebutuhan utama dalam perkembangan tubuh, jika kita tidak makan sudah pasti tubuh kita tidak bisa berkembang,  dikarenakan tidak adanya asupan giji yang diserap oleh tubuh.

Banyak dari kita yang memilih-milih makanan sebelum diserap oleh tubuh, hal tersebut sangat dibutuhkan agar makanan yang masuk ke dalam sistem percernaan benar-benar memproses pencernaan dengan benar.

Jika kita tidak memilih-milih makanan maka dapat menimbulkan perut kita sakit diakibatkan makanan yang masuk ke dalam sistem percenaan mengalami pemyumbatan serta infeksi.


1. Kari pedas

Banyak yang percaya pada saat makan makanan yang pedas bisa mengalami iritasi usus, tapi yang lebih cepat bereaksi ketika perut kosong bukan pedasnya tapi kandungan lemak yang tinggi dalam kari.

Masalah pencernaan jarang disebabkan oleh cabai. Rempah-rempah seperti jinten, ketumbar, dan kunyit baik untuk usus, Anda bisa minum yoghurt rendah lemak atau minyak zaitun sebagai pengganti minyak kari atau biasa disebut ghee.

2. Bawang

Menurut pendapat pra Dokter, bahwa mengkonsumsi bawang dapat menimbulkan perut kembung dikarenakan bawang tidak diserap usus kecil dan langsung ke usus besar. Untuk itu agar memastikan bawang dimasak hingga matang agar bisa dicerna oleh usus. Makanan yang bisa membantu ketika perut kembung seperti pir, apel, peach atau plum, dan sayuran seperti brokoli, kubis, kol dan daun bawang.

3. Madu

Madu dipercaya dapat menyebabkan masalah pencernaan dikarenakan madu banyak mengandung fruktosa yang tidak diserp baik oleh usus, sehingga perut Anda bisa kembung. Hal ini terjadi ketika Anda mencampurkan Bran dengan madu.
Pemanis lain yang bisa digunakan oleh penderita IBS adalah sorbitol, pengganti gula dalam bentuk obat yang biasanya sebagai pemanis di obat batuk, permen karet, es krim atau makanan-minuman diet.

4. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes. Kentang juga rendah lemak dan merupakan sumber vitamin B, B6, dan serat yang baik bagi pencernaan. Yang salah ketika makan kentang dengan tambahan seperti mentega atau mayones. 
Untuk itu agar perut anda agar tidak sakit sewaktu mengkonsumsi kentang lebih baik jangan gunakan mentega atau mayones untuk campurannya.

5. Bran

Di Indonesia mungkin Bran memang bukan makanan pokok, tapi Dokter  sering menyarankan makan Bran yang biasanya sudah berbentuk sereal yang kaya serat ini bisa bantu memperbaiki pencernaan. Bran berasal dari kulit padi atau gandum. Ketika proses penggilingan padi, akan menghasilkan dedak dan beras. Kepingan kecil ini biasanya digunakan untuk membuat kue atau roti yang disebut Bran.
Bran merupakan makanan yang dengan mudah bisa mengenyangkan, tapi jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan perut kembung dan buang angin berlebihan.

Demikianlah Makanan Yang Dipercaya Membuat Sakit Perut, semoga menambah wawasan kita semua.

Bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.