Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Mengkonsumsi Buah Carica

Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Mengkonsumsi Buah Carica - Pada Artikel Kesehatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang manfaat Buah Carica.


Buah Carica atau juga dikenal dengan Pepaya Gunung merupakan buah sejenis pepaya yang biasanya dapat ditemukan di dataran tinggi yang basah. 
Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari buah Carica untuk kesehatan tubuh, orang-orang hanya mengetahui jika Buah Carica ini memiliki rasa yang sedikit asam dan segar. Jika kita telisik lebih dalam lagi ternyata buah Carica mengandung banyak Serat, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Enzim papain, dan Kalsium yang tentunya bermanfaat bagi tubuh kita.

Buah Carica pada awal mulanya ditemukan di Amerika Serikat. Dan di negara Indonesia hanya bisa  tumbuh di Dataran Tinggi Dieng,  seperti Wonosobo, Jawa Timur dan juga di Bali. Karena hanya dapat tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, maka dapat dipastikan untuk memperoleh buah ini sangat sulit sekali kita temukan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket kecuali memang di daerah tempat buah itu ditemukan seperti di Wonosobo dan Bali. 

Dikarenakan rasanya yang asam serta mengandung banyak serat buah carica sangat dipercaya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.
Apa saja khasiat buah carica tersebut, berikut ini Manfaat Buah Carica Bagi Kesehatan :

1.  Sebagai Obat Kulit
Buah Carica juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit. Menurut warga Wonosobo, buah Carica di Amerika sana memang dijadikan obat penyakit kulit dalam bentuk obat – obatan. Namun di Wonosobo, belum ada yang mengolahnya menjadi obat penyakit kulit karena pemahaman dan ilmu yang masih kurang.

2. Melancarkan Pencernaan 
Seperti buah lainnya, buah Carica yang mengandung Vitamin C dan Serat yang tinggi memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Warga Wonosobo memakan buah ini secara mentah dengan rutin sebagai asupa untuk melancarkan pencernaan mereka.

3. Membersihkan Sistem Pencernaan
Selain itu ternyata buah carica dapat melancarkan pencernaan, ini juga berarti buah carica dapat membersihkan organ usus kita secara alami. Untuk usus sendiri, buah Carica ini dapat menghilangkan bakteri jahat karena mampu menyeimbangkan keasaman atau pH pada usus kita.

4. Mengatasi Rabun Senja
Para warga di Wonsosobo percaya bahwa buah Carica juga dapat menghilangkan penyakit rabun senja. Seperti tadi, buah Carica yang mengandung Vitamin A dapat membantu para penderita rabun senja sedikit demi sedikit sembuh.

5. Menambah metabolisme tubuh
Buah Carica juga memiliki khasiat pada metabolisme dalam tubuh dengan menambahnya. Kandungan nutrisi Serat, dan Vitamin juga Kalsium membantu tubuh untuk memilik fisik yang lebih kuat dan terhindar dari virus juga bakteri. Khususnya karena keberadaan Vitamin B Kompleks.

6. Menjaga Kecantikan Kulit
Selain dapat menjadi obat kulit, buah Carica dapat membentuk kolagen dalam tubuh. Sehingga buah ini juga menjadi bahan pembuat kosmetik dan skin care. Kolagen yang dihasilkan dapat membuat kulit menjadi mulus dan terhindar dari penuaan dini seperti menghindari kerutan pada wajah maupun tubuh. Mengkonsumsi secara rutin pastinya akan berfek besar pada kulit kita.


Bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.