Operator Seluler Jaringan Internet 4G Tercepat di Indonesia

Zona1000.com - Berbicara kecepatan internet Indonesia khususnya jaringan 4G LTE memang tidak sebanding dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Belanda, Jepang, yang mana memang dinegara tersebut jaringan 3G nya saja sudah melampaui kecepatan internet di indonesia yang notabene sudah 4G.


Hal tersebut terjadi karena memang sistem dari jaringan internet yang dibangun oleh negara maju berbeda seperti di indonesia, seperti kita ketahui bersama, untuk menciptakan jaringan internet yang cepat dibutuhkan infrastruktur yang bagus serta mahal, maka dari itu wajar saja jika kecepatan internet negara indonesia masih kalah jauh dengan negara-negara maju lainnya.

Jaringan 4G sendiri di Indonesia belum bisa dinikmati oleh seluruh penjuru masyarakat dikarenakan masih dalam proses pembangunan, dan saat ini jaringan internet 4G hanya masih dapat dinikmati oleh beberapa kota besar di Indonesia saja seperti Jakarta, Bandung, Medan dan lain-lain.

Berbicara tentang jaringan 4G saat ini semua operator seluler di indonesia sudah menyediakan kartu sim yang berfungsi sebagai penghubung untuk bisa menikmati jaringan 4G diantaranya adalah Telkomsel, Indosat, XL, 3, Smartfreen dan BOLD.

Jika kita lihat dari statistik dari laporan yang telah ada, bahwa diurutan pertama masih diungguli oleh Bold yang memiliki kecepatan download 13.4Mbps dan upload 2.3Mbps, dan nomor dua masih dipegang oleh Telkomsel dengan kecepatan download 10.2Mbps dan upload 4.1Mbps. Yang ketiga merupakan XL, dengan kecepatan download 6.1Mbps dan upload 2.7Mbps. kemudian disusul Indosat ke nomor empat dengan kecepatan download 5.4Mbps dan upload 1.3Mbps. Untuk Smartfren memiliki kecepatan download 4.4Mbps dan upload 1.3Mbps, disusul terakhir operator 3, dengan kecepatan download 3.0Mbps dan upload 1.7Mbps.

Data tersebut diambil melalui tes yang telah diuji untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, untuk kota lain yang memang sudah tersedia jaringan 4G belum tentu mendapatkan hasil kecepatan internet yang sama seperti Jakarta dan sekitarnya.

Dilain sisi kerap kali operator seluler mengalami gangguan yang sering kali membuat kesal para penggunanya, dengan alasan perbaikan jaringan dan membutuhkan waktu yang lama.

Diantara semua operator seluler menurut saya sendiri Telkomsel lah yang paling stabil jaringan internetnya, mulai dari 2G, 3G, hingga 4G, tapi belakangan ini telkomsel sering mengalami gangguan dan menyebabkan jaringan menghilang secara tiba-tiba dengan waktu bisa mencapai berjam-jam. Saya berharap semoga kedepannya jaringan internet di Indonesia lebih baik dari hari ini dan sebelumnya.

Demikianlah Operator Seluler Jaringan Internet 4G Tercepat di Indonesia, semoga menambah wawasan kita semua.

Bagikan jika bermanfaat, terima kasih.