10 Jajanan Paling Unik Yang Cuma Ada Di Bandung

10 Jajanan Paling Unik Yang Cuma Ada Di Bandung - Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia dengan nama julukan Kota Kembang.
Selain memiliki udara yang sejuk Bandung juga terjenal akan wanita nya yang Geulis-geulis, maka tak heran banyak pria luar kota bandung yang sengaja berkjunjung kesana untuk jalan-jalan sekalian cari pacar jika yang masih jomblo.

Bandung juga terkenal akan jajanan unik yang hanya terdapat di kota tersebut, dikatakan unik karena biasanya jajanan di bandung selalu menggunakan singkatan dalam penggunaan namanya,  apa saja kah jajanan tersebut, berikut ini merupakan 10 Jajanan Unik Bandung :

1. Cimol

Jajanan Bandung
Merupakan makanan khas yang cuma ada di Bandung. yang mana cimol merupakan singkatan Aci Digemol, cimol sendiri dibuat oleh adonan tepung kanji yang di bentuk bulat kemudian di goreng.

2.  Gehu Pedas

Jajanan Bandung
Jajanan khas Bandung ini merupakan singkatan toge-tahu yang mana sudah pasti kita dapa mengetahui isi dari jajanan tersebut, selain terdapat tauge, isi dari tahu tersebut juga terdapat sayuran lain, yang mana ketika menyantap nya memiliki keunikan tersendiri.

3. Basreng


Jajanan Bandung
Atau disebut juga dengan bakso-goreng, jajanan ini memang banyak di minati oleh pecinta jajanan nusantara, jajanan ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya, kemudian di campur dengan adonan lainnya hingga berbentuk bakso, yang kemudian di goreng sebelum menyantapnya.

4. Misro


Jajanan Bandung
Makanan ini merupakan singkatan dari amis dijero yang berarti manis di dalam, jajanan ini di buat dari adonan singkong yang bagian dalamnya diisi gula merah kemudian di goreng.

5. Cilok

Jajanan Bandung
Cilok ini singkatan dari aci dicolok. Bentuknya bulat seperti bakso, dan biasanya menggunakan isian daging cincang atau telur. Cilok yang bertekstur kenyal ini biasanya disajikan dengan tusukan seperti sate dan disantap bersama saus kacang atau saus sambal.

6. Comring

Jajanan Bandung
Comring adalah singkatan dari “comro kering” atau “comro garing” (walaupun ada juga yang berpendapat bahwa comring adalah singkatan dari “oncom kering”). Comring ini terbuat dari tepung tapioka , bawang daun, bawang merah, dan berbagai bumbu lainnya. Adonan tepung tapioka ini lalu dicetak bulat dan dipipihkan lalu dijemur hingga kering dan digoreng. Comring ini rasanya gurih dengan tekstur renyah.

7. Colenak

Jajanan Bandung
Colenak ini sebenarnya adalah tape atau peuyeum yang dibakar lalu disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur serutan kelapa. Colenak ini pertama kali diperkenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930. Saat ini colenak sudah divariasikan. Ada colenak rasa nangka dan juga rasa duren.

8. Batagor

Jajanan Bandung
Batagor alias baso tahu goreng! Bahan dasar batagor ini adalah tahu yang diisi adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka yang digoreng. Bahan lainnya yaitu siomay goreng. Batagor ini lalu dihidangkan bersama saus kacang, kecap manis, dan perasan jeruk nipis.

9. Moring

Jajanan Bandung
Moring ini singkatan dari “cimol kering”. Terbuat dari tepung tapioka yang diberi berbagai bumbu. Ada rasa asin dan juga rasa pedas. Moring ini asyik banget untuk disantap bersama mie instan kuah, teman makan nasi, ataupun dicemil langsung.

10. Seblak Basah


Jajanan Bandung
Seblak adalah jajanan unik khas Bandung yang berbahan dasar kerupuk. Kerupuk mentah digodok dan diberi bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, garam, dan penyedap rasa. Biasanya juga ditambahkan pelengkap seperti telur, macaroni, siomay, dan lain-lain. Hasilnya adalah kerupuk matang yang kenyal dan rasa yang sedap gurih dengan sedikit kuah.

Demikianlah 10 Jajanan Paling Unik Yang Cuma Ada Di Bandung, semoga dapat menambah wawasan kita semua, terima kasih.