6 Sungai Terpanjang di Indonesia

6 Sungai Terpanjang di Indonesia - Sungai merupakan ciptaan Tuhan yang sangat besar sekali pengaruhnya untuk kehidupan manusia. Sedangkan pengertian Sungai adalah aliran air yang besar dan panjang dan terus mengalir dari arah sumbernya menuju ke Muara untuk kemudian bersatu dengan air laut.

Sungai sendiri saat ini ada yang difungsikan sebagai tempat wisata dan ada juga yang berfungsi sebagai pembuangan limbah-limbah dari pabriik. Di Indonesia sendiri ada beberapa Sungai Terpanjang yang sudah cukup terkenal.

Berikut ini merupakan 6 Sungai Terpanjang di Indonesia yang paling terkenal :

1. Sungai Kapuas

Sungai Terpanjang Indonesia
Merupakan Sungai yang berada di daerah Kalimantan, tepatnya Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan juga sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.
Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton.

2. Sungai Mahakam

Sungai Terpanjang Indonesia
Sungai mahakan merupakan sungai yang terletak di Kalimantan Timur, sungai Mahakam ini memiliki panjang sekitar 920 km. Selain sungai terpanjang nomor dua di Indonesia ternyata sungai ini juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar sebagai sumber air.

3. Sungai Barito

Sungai Terpanjang Indonesia
Sungai yang lagi - lagi masih terletak di daerah Kalimantan tepatnya antara Kalimantan Tengan dan Kalimantan Selatan, memiliki panjang sekitar 903 km sungah Barito atau yang sering juga disebut dengan sungai Banjar merupakan sumber transportasi jalur air yang digunakan oleh masyarakat sekitar dalam melakukan rutinitasnya.

4. Sungai Musi

Sungai Terpanjang Indonesia
Terletak di Sumatera Selatan tepatnya di Palembang dengan panjang sungai sekitar 755 km merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang mana sangat berguna sebagai jalur transportasi, selain itu juga terdapat Jembatan Ampera yang membelah sungai musi, jembatan ini sudah cukup terkenal di kalangan penggila wisata.

5. Sungai Mamberamo

Sungai Terpanjang Indonesia
Sungai terpanjang di Indonesia yang satu ini memang namanya tidak terlalu terkenal dibanding dengan sungai lainnya, mungkin di karenakan terletak di Papua sehingga nama nya tidak terlalu disorot seperti yang lain, memiliki panjang 670 km, Sungai Mamberamo digunakan sebagai masyarakat sebagai jalur transportasi, dan apabila anda berada di sungai ini agar berhati-hati dengan dua jenis buaya yang terdapa disana yaitu Buaya darat dan Buaya Muara.

6. Sungai Bengawan Solo


Sungai Terpanjang Indonesia
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan lagu bengawan solo, yang mana lagu tersebut memang menceritakan tentang keindahan sungai bengawan solo yang terletak di jawa, sungai ini memiliki panjang 550 km dan selalu ramai di datangi oleh wisatawan yang ingin melihat secara langsung keindahan sungai bengawan solo.

Demikianlah 6 Sungai Terpanjang di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa untuk bagikan artikel ini jika bermanfaat, terima kasih.