7 Jenis Buaya Yang Ada Di Indonesia

7 Jenis Buaya Yang Ada Di Indonesia - Buaya merupakan salah satu hewan aligatorr yang sangat berbahaya. Buaya sendiri adalah hewan berjenis reptil yang bisa hidup di air dan juga darat.

Pada umumnya Buaya merupakan penghuni habitat perairan tawar seperti danau, rawa, sungai, serta bahan basah lainnya, dan ada juga buaya yang tinggal di air payau seperti muara.
Makanan yang biasa di makan oleh buaya seperti semua hewan bertulang belakang hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya. Buaya merupakan hewan purba, yang hanya sedikit berubah karena evolusi semenjak zaman dinosaurus.

Di Indonesia sendiri Buaya memiliki perbedaan antara satu daerah dengan daerah lainnya, berikut ini merupakan Jenis-Jenis Buaya Yang Ada Di Indonesia :

1. Buaya Siam

Jenis Aligator
Jenis reptil yang satu ini berasal dari Siam, dan seperti diketahui bersama untuk buaya jenis ini termasuk dalam buaya yang hampir mengalami kepunahan populasinya.

2. Buaya Kalimantan

Jenis Aligator
Hewan aligator buaya kalimantan memiliki ciri-ciri yang mirip dengan buaya muara, dan untuk jenis ini hanya dapat ditemukan di Kalimantan bagian timur dan selatan.

3. Buaya Irian

Jenis ALigator

Untuk jenis buaya ini hanya terdapat pada pulau Irian dan juga Papua Nugini, untuk bentuk tubuhnya sangat mirip dengan buaya muara, yang membedakannya hanya ukuran tubuh yang lebih kecil serta memiliki warna lebih hitam.

4. Buaya Mindoro

Jenis Aligator
Pada awal mulanya untuk buaya jenis ini termasuk dalam spesies buaya Irian, akan tetapi saat ini menjadi spesies tersendiri yang terdapat di Sulawesi TImur dan Tenggara.

5. Buaya Muara

Jenis Aligator
Merupakan jenis buaya yang memiliki ukurang yang terbesar serta terpanjang dibandingkan jenis buaya lainnya. Maka tak heran jika kerap kali kita dengan Buaya Muara memangsa Manusia.

6. Buaya Senyulong

Jenis Aligator
Memiliki perbedaan yang unik yaitu terdapat pada moncong nya yang sempit, untuk buaya jenis ini dapat kita temukan di Kalimantan, Jawa dan Sumatera, serta juga merupakan buaya terbesar di kawasan tersebut.

7. Buaya Darat

Jenis Aligator
Ilustrasi
Untuk jenis Buaya yang satu ini merupakan Spesies yang sangat berbahaya bagi para wanita, bayangkan saja sudah memiliki anak istri masih saja menggoda gadis-gadis muda, maka dari itu untuk anda wanita harap berhati-hati jika suatu saat berjuma dengan Buaya Darat, hehehe.

Demikian 7 Jenis Buaya Yang Ada Di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan kita semua.
Bagikan artikel ini jika bermanfaat dengan mencantumkan link sumbernya, terima kasih.