Asal Usul Terciptanya Batman Sang Superhero

Asal Usul Terciptanya Batman Sang Superhero - Batman merupakan Superhero yang sudah banyak di kenal oleh masyarakat Dunia mulai dari anak-anak , remaja hingga dewasa.
Batman sendiri adalah Tokoh fiksi yang berperan sebagai superhero untuk menyelamatkan Bumi dari segala kejahatan yang terjadi, selain batman masih banyak lagi superhero yang sengaja di ciptakan untuk keperluan pembuatan film, tapi untuk pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tentang Sejarah Batman.

Sejarah Superhero

Tokoh Fiksi Batman pertama kali muncul pada bulan Mei tahun 1939, yang mana pada saat itu para editor film berencana membuat tokoh fiksi baru yang menandingi kesuksesan Superhero Superman yang telah tercipta pada tahun 1938.

Pahlawan superheo Batman diciptakan oleh seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Tokoh ini pertama muncul di Detective Comics  (Mei 1939). Identitas asli Batman adalah Bruce Wayne, seorang pengusaha yang kaya raya. Nama Bruce Wayne itu sendiri diambil dari nama tokoh sejarah, yaitu Robert the Bruce dan Anthony Wayne.

Batman akhirnya menjadi sangat terkenal dengan jangka waktu yang sanagat cepat setelah diperkenalkan pada Detective Comics untuk pertama kalinya, dan setelah itu akhirnya terciptalah komik dengan judul Batman. Setelah satu dasawarsa pemakaian judul tersebut, perbedaan karakter telah muncul. Pada akhir tahun 1960-an, karakter Batman dalam serial televisi diubah menjadi lebih estetika selama bertahun-tahun sampai ceritanya usai.

Banyak kreator mengembalikan karakter Batman kepada cerita awalnya yang suram dan gelap. Pada tahun 1986, komik The Dark Knight Returns ditulis oleh seniman Frank Miller, dan kesuksesan film Batman yang disutradarai Tim Burton membantu menghidupkan kelamnya karakter Batman ini. Sebagai simbol kultur, Batman telah diadaptasikan ke dalam berbagai media seperti radio, serial televisi, film, permainan video, dan berbagai macam merchandise yang dijual di seluruh dunia.

Tidak seperti pahlawan super kebanyakan, Batman tidak memiliki kekuatan super, dan sebagai ganti
kakuatan super tersebut, sang penulis cerita menggantikannya dengan ilmu pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan dan teknologi. Batman memiliki kondisi fisik di atas manusia normal. Ia tangkas dalam berbagai hal akrobatik dan ahli dalam meloloskan diri. Kecerdasan yang tiada bandingnya, ia seorang ilmuwan, insinyur, ahli kriminologi, taktisian terhebat, ahli dalam hal penyamaran, dan sering mengumpulkan informasi di bawah identitas Matches Malone. Dia dihormati sebagai salah satu detektif terhebat dalam DC Universe daripada perkelahiannya dengan musuh-musuhnya. Batman sering menggunakan kecerdikan dan perencanaan untuk memperdayai musuh-musuhnya. Dalam cerita Justice League of America yang dibuat oleh Grant Morrison, Superman menjelaskan bahwa Batman adalah pria paling berbahaya di dunia karena dapat mengalahkan sekelompok makhluk asing yang berkekuatan super hanya seorang diri dalam menyelamatkan sahabatnya yang sedang ditawan.

Batman dilengkapi dengan persenjataan canggih yang sangat banyak dalam memerangi kejahatan, desainnya selalu menggunakan motif kelelawar. Les Daniels yang merupakan seorang ahli cerita dalam film Batman menyebutkan bahwa Gardner Fox menciptakan konsep persenjataan Batman dengan memperkenalkan sabuk perlengkapan di Detective Comics (Juli 1939) dan senjata bertema kelelawar pertama adalah Batarang dan batgyro di komik Detective Comics dan (September; Oktober, 1939). Kendaraan utama Batman adalah Batmobile yang berupa mobil hitam dengan tambahan aksesoris yang memberi kesan sebuah sayap kelelawar. Kendaraan Batman yang lain termasuk Batplane (alias Batwing), Batboat, Bat-Sub dan Batcycle.

Dalam penyebutan, kalimat awalan "Bat" (contoh Batmobile atau Batarang) jarang sekali digunakan oleh Batman sendiri, ketika menggunakan peralatannya, terutama sekali setelah beberapa penggambaran di (Batman live-action television show and the Super Friends animated series tahun 1960-an) dilaksanakan di acara bagian campy. Di acara televisi tersebut Batman memiliki persenjataan yang mencantumkan nama-nama "Bat" yang menggelikan, seperti bat-computer, bat-scanner, bat-radar, bat-cuffs, bat-pontoons, bat-drinking water dispenser, bat-camera dengan menggunakan bat-filter, bat-shark repellent bat-spray, and bat-rope. Pada cerita "A Death in the Family" memberi kesan bahwa cerita yang suram dan dia tidak mungkin mengadaptasikan kalimat awalan "bat' untuk peralatannya.

Batman menyimpan peralatan yang terpenting di sabuknya. Selama bertahun-tahun selalu ditunjukkan perlengkapan yang bermacam-macam yang tak pernah akan habis untuk menghadapi musuh-musuhnya. Versi lainnya dari sabuk untuk menyimpan ada berbagai bentuk, kantong atau selinder keras yang mengelilinginya.

Demikianlah Asal Usul Terciptanya Batman Sang Superhero, semoga dapat menambah wawasan kita semua, terima kasih.