Cara Mengatasi Pegel Linu Pada Leher

Zona1000.com - Sering kali kita terganggu dikarenakan rasa ngilu pada leher yang cukup menggangu kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.


Pada dasarnya sakit leher yang terjadi dikarenakan adanya gangguan yang muncul diakibatkan oleh beberapa penyebab, diantaranya seperti salah posisi ketika sedang tidur, melakukan aktifitas secara terus menerus dalam tempo waktu yang cukup lama, dan stress juga dapat memicu terjadinya rasa linu pada leher.

Leher merupakan bagian tubuh yang menghubungkan antara tubuh dengan kepala yang mana berfungsi sebagai penopang beban kepala. Leher sendiri memiliki sistem saraf yang sangat penting seperti saluran pernapasan dan pencernaan.

Pada leher yang kita miliki terdapat tulang serta saraf lunak seperti otot dan juga ligamen, tulang bagian belakang leher berfungsi sangat penting sebagai pergerakan. 

Biasanya rasa linu pada leher yang terjadi saat kita bangun tidur akan sembuh dengan sendrinya dan tidak tergolong dalam sakit leher yang berbahaya, tapi sebaliknya, jika rasa sakit pada leher yang dirasakan secara terus menerus alangkah lebih baik untuk berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis yang berkompeten dibidangnya.

Rasa linu pada leher biasanya dapat diatasi dengan cara sebagai yang tertera dibawah ini :

1. Melakukan pijatan ringan
Jika rasa ngilu pada leher muncul, hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara memijat ringan bagian leher yang terasa ngilu, lakukan pijatan tersebut sampai rasa ngilu berkurang, maka dengan sendirinya leher anda kembali normal dan tidak terasa ngilu lagi.

2. Kompres ari dingin
Air dingin depercaya berfungsi sebagai penghambat terjadinya pembentukan asam laktat yang memicu munculnya rasa sakit pada leher, untuk melakukannya cukup mudah, gunakan handuk kecil yang telah direndam air dingin, kemudian tempelkan handuk tersebut dekat dengan rasa sakit yang muncul dileher anda.

3. Melakukan Peregangan
Peregangan atau juga disebut streching sangat membantu mengurasi rasa sakit yang terjadi di leher, cobalah untuk melakukan peregangan pada leher dengan cara memutar - mutar kepala anda mengikuti arah jarum jam, lakukan secara perlahan, jika anda merasa sedikit pusing karena membuka mata alangkah lebih baik untuk menutup mata anda sembari melakukan gerakan memutar kepala sampai rasa sakit pada leher mulai berkurang atau juga menghilang.

Ketika rasa sakit leher anda sudah mulai menghilang langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mencegah muncul kembali rasa sakit pada leher tersebut, untuk pencegahannya sangat mudah yakni, sewaktu anda tidur cobalah untuk tidak menggunakan bantal, lakukan ini secara rutin dan lihat perubahan yang terjadi pada leher anda.

Demikianlah Cara Mengatasi Pegel Linu Pada Leher, semoga menambah wawasan kita semua, terima kasih.