Fakta Seputar Penipuan Online dan Cara Mengantisipasinya

Fakta Seputar Penipuan Online dan Cara Mengantisipasinya - Penipuan Online saat ini marak terjadi yang mana para korban biasanya merupakan orang yang baru pertama kali melakukan transaksi online dan belum mengetahui penjual yang memang sangat terpercaya dalam jual beli online.


Awalnya seorang yang telah tertipu online berniat membeli barang dari website atau pun situs jejaring sosial seperti facebook yang memang marak sekali berjualan online, mereka sangat tergoda untuk membeli barang yang ditawarkan dari website tersebut, dan akhirnya terjadilah tawar menawar melalui percakapan seperti BBM, SMS, Facebook Masengger, setelah memilih barang yang akan di beli kemudian sang korban diarahkan untuk melakukan transfer sejumlah uang untuk menebus barang yang akan di belinya.

Setelah sang korban melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati sebelumnya, akhirnya si pelaku penipuan online menghilang tanpa jejak, semua kontak yang ada sebelumnya di blokir secara tiba-tiba yang membuat bingung korban dan langsung sadar bahwa dirinya merupakan korban penipuan online.

Selain itu masih banyak lagi modus penipuan online lainnya seperti mendapatkan undian, dan yang lagi marak saat ini adalah penipuan online melalui Mandiri E-cash.

Bila terjadi penipuan online hal yang harus sigap anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Hubungi Bank si penipu untu mengadukan bahwasanya anda telah tertipu online dengan bank yang anda hubungi sebagai bank si penipu tersebut agar segera di blokir. 

2. Siapkan Struk bukti pembayaran saat melakukan transaksi online kepada sang penipu.

3. Cari percapaka terakhir dengan pelaku penipuan online, seperti BBM, SMS, Masengger dan lain-lain yang masih bisa dijadikan sebagai bukti.

4. Bawa bukti no 1 dan 2 untuk dibawa ke kantor polisi untuk membuat pengaduan.

5. Setelah surat laporan dari kepolisian sudah di buat anda segera mendatangi kantor cabang dari bank penipu tersebut untuk meneruspak laporan anda yang no 1.

Jika semua persyaratan telah lengkap biasanya pihak bank penipu akan segera mengembalikan uang yang sudah di tranfser ke rekening si pelaku dengan catatan apabila saldo di rekening si pelaku mencukupi, jika tidak mencukupi pihak bank tidak akan mengembalikannya dikarenakan itu memang kesalahan kita sendiri.

Banyak hal yang harus kita ketahui untuk melakukan transaksi online, jangan asal beli saja karena harga nya yang memang sangat murah berbeda dengan harga penjual lainnya.

Sebelum melakukan transaksi online sebaiknya anda ketahui hal-hal berikut:

1.  Carilah penjual yang benar-benar recomended, anda bisa bertanya kepada teman yang memang sering melakukan transaksi online untuk meminta saran penjual yang memang benar-benar amanah.

2. Jangan terkecoh dengan harga murah karena biasanya sang penipu selalu menjual barang dibawah harga standara agar para korban nya tertarik untuk membelinya.

3. Testimoni di website itu sebagian besar hanya lah tipuan belaka, jadi anda jangan begitu mudah percaya dengan bukti-bukti palsu testimoni dari konsumennya, dan perlu untuk diketahui, testimoni biasanya dibuat oleh para pelaku penipuan online sebagai senjata dalam melakukan aksinya.

Saat ini perkembangan internet membuat kita untuk melakukan transaksi jual beli dengan mudah tanpa ribet harus keluar rumah, hanya bermodalkan smartphone yang terhubung ke internet kita dapat berbelanja semua keperluan yang kita butuhkan, mulai dari pakaian, perlengkapan, elektronik, gadget, semuanya tersedia, selain lebih mudah juga ternyata transaksi jual beli online lebih bergengsi bagi anggapan sebagian orang.

Untuk melakukan transaksi jual beli online saat ini sudah tersedia jasa Rekber yang mana sangat berguna bagi pembeli agar tidak menjadi korban penipuan online. Rekber sendiri merupakan orang ketiga yang berada di antara penjual dan juga pembeli, yang mana cara kerjanya nya, uang dari pembeli di transferkan oleh sang rekber, kemudian akan diteruskan ke penjual apabila barang yang disepakati telah dikirimkan dengan  meyertakan bukti no pengiriman.

Bagi anda yang ingin melakukan transaksi online saya sarankan untuk menggunakan jasa rekber agar tidak tejadi hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun situs besar yang menyediakan jasa rekber seperti Tokopedia dan juga Bukalapak, anda jangan takut tertipu karena uang anda aman di rekening rekber sampai barang tiba dirumah anda, lalu kemudian uang tersebut baru akan di setorkan ke rekening penjual.

Jadilah pembeli yang cerdas, karena memang perkembangan teknologi menjadikan kita semakin cerdas dalam bertindak.
Demikianlah  Fakta Seputar Penipuan Online dan Cara Mengantisipasinya, silahkan bagikan artikel ini dengan mencantumkan link sumbernya, terima kasih.