Hewan Laut Yang Menjadi Sahabat Manusia

Hewan Laut Yang Menjadi Sahabat Manusia - Jika berbicara tentang hewan laut sudah pasti identik dengan Ikan Lumba-Lumba, Paus dan Hiu, yang mana hewan tersebut merupakan jenis hewan yang paling sering muncui di berita, baik televisi maupun berita di Internet.

Sahabat Manusia
Pada dasarnya hewan laut berjenis Ikan Hiu merupakan hewan yang sangat di takuti, karena keganasannya yang terkadang sering kita dengar menggit manusia yang sedang berenang. 

Seperti kita ketahui bersama, untuk ukuran ikan hiu tidak terlalu besar, dengan ukurannya yang tidak terlalu besar menjadikan hewan ini bisa berenang menuju tepi pantai untuk mencari mangsa, berbeda dengan ikan paus, ukurannya yang besar mengharuskan paus untuk selalu berada lautan yang dalam, jika berada pada lautan yang dangkal dapat menyebabkan kematian, seperti kejadian yang banyak terjadi, gerombolan ikan paus terdampar di pinggi pantai dan akhirnya mati karena sulit untuk bernafas.

Tahukan anda, di antara ketiga jenis hewan laut fenomenal tersebut yang merupakan sahabat manusia, sudah pasti ikan lumba-lumba dan paus, kedua hewan laut tersebut dikenal sangat bersahabat dengan manusia, maka tak heran jika sering kali kita lihat penampilan atraksi yang dilakukan oleh ikan lumba-lumba atau pun paus yang sudah di latih sebelumnya.

Diantara jenis ikan paus yang sering kali menjadi sahabat manusia adalah Paus Pembunuh, memiliki warna yang indah jenis paus ini juga mempunya berat mencapai 5 ton. Saat ini untuk paus jenis ini sering kali di latih untuk dijadikan ajang pertunjukan, walaupun begitu tetap saja hewan ini merupakan jenis hewan air yang sangat buat, banyak sudah kejadian pelatih yang terbunuh saat mencoba melatih paus pembunuh tersebut.

Selain paus pembunuh adapun hewan laut yang menjadi sahabat manusia berikutnya adalah Lumba-lumba, hewan laut ini tidak sebuas paus pembunuh, sering juga kita dengar cerita paus yang menyelamatkan para nelayan yang sedang mengalami masalah saat berada di tengah laut.

Lumba-lumba merupakan salah satu hewan laut paling cerdas, memiliki volume otak cukup besar dan jaringan selaput otak cukup kompleks menjadikan hewan ini sangat cepat menangkap sesuatu yang yang diajarkan kepadanya, maka tak heran jika terkadang lumba-lumba sengaja di buru oleh nelayan untuk kemudian di jadikan untuk atraksi pertunjukan, selain itu juga menurut hasil survei di Amerika Serikat bahwa sebagian besar nelayan memburu ikan lumba-lumba untuk di ambil dagingnya bagi yang sudah dewasa, dan untuk lumba-lumba yang masih bayi biasanya akan di latih untuk atraksi lumba-lumba yang lagi marak saat ini.

Jika kita lebih menyadarinya alangkah lebih baik jika hewan - hewan tersebut hidup di alam bebas sesuai dengan semestinya, walaupun kita memelihara hewan tersebut dan menyayanginya tetap saja hewan tersebut tidak merasa bebas karena tidak berada di habitas aslinya.
Seiring dengan larisnya pertunjukan ikan lumba-lumba dan juga paus menjadikan para pemburu semakin tergiur unttuk terus berburu dan mendapatkan uang.

Semoga kedepannya harus lebih baik dari sebelumnya, semoga bermanfaat, terima kasih.