Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur

Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur - Sering kali anda wanita selalu merasa cemas-cemas bila mana tamu bulanan belum juga kunjung datang.
Mungkin bagi yang ingin segera punya momongan itu merupakan suatu pertanda yang baik, namun sebaliknya jika haid juga belum kunjung datang, sementara status masih belum menikah dan juga belum pernah melakukannya, sudah pasti anda akan merasa cemas dengan apa yang sedang terjadi.

Tidak Teratur
Normalnya wanita mengalami haid sebulan sekali dengan tanggal yang seperti biasanya, namun ada juga kejadian yang mana seharus nya tanggal 20 sudah datang bulan dan sampai tanggal 25 juga belum juga adanya pertanda akan datang bulan.
Banyak faktor yang mempengaruhi haid tidak teratur, antara lain seperti pola makan serta stress. Untuk mengatasi hal tersebut banyak cara yang bisa di lakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C ternyata dipercaya sangat membantu menurunkan kadar progesteron yang sangat membantu untuk melancarkan datang bulan, selain itu harus juga di imbangi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup banyak, karena apabila dosis vitamin c yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya Diare dan juga Batu Ginjal

2. Menjaga Berat Badan

Salah satu faktor penyebab terjadinya haid tidak teratur adalah kegemukan, yang mana jaringan lemak yang menumpuk di tubuh bisa menyebabkan perlepasan estrogen yang bisa mengakibatkan keluarnya darah haid yang berlebihan . Hal ini terjadi karena dinding rahim dapat terstimulasi oleh estrogen yang dapat mempengaruhi ovulasi. Untuk mendapatkan haid yang rutin, penting untuk menjaga berat badan juga memastikan kadar estrogen serta kolesterol tetap stabil.

3. Olahraga

Dengan olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga meminimalisir terjadinya stress, disarankan untuk olahraga ringan setiap harinya atau pun juga bisa dilakukan 2 hari sekali secara rutin.

4. Berhubungan dengan Pasangan

Menurut para ahli bahwa dengan berhubungan intim dengan pasangan ( bagi yang sudah menikah) bisa membuat organ intim wanita menjadi lebih rileks, selain itu juga dapat membuat tubuh memproduksi hormon untuk membuat leher rahim melunak yang merupakan salah satu fase awal haid.

5. Mengkonsumsi Mangga dan Nanas

Buah mangga dan nanas merupakan buah-buahan tropis yang sangat membantu melancarkan haid, yang mana jika buah tropis tersebut rutin di konsumsi oleh wanita dapat membuat suhu tubuh meningkat. Efeknya kemudian bisa membantu datangnya haid lebih cepat.

6. Air Jahe Hangat

Walaupun dulunya hanya sekedar ucapan dari mulut kemulut ternyata memang cara ini telah teruji oleh kalangan medis, untuk meminum air jahe untuk melancarkan haid sangat di sarankan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui kondisi tubuh anda bisa atau tidak meminumnya.

Demikianlah Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur, semoga dapat menambah wawasan kita semua, terima kasih.