5 Jenis Unggas Paling Langka di Indonesia

5 Jenis Unggas Paling Langka di Indonesia - Unggas merupakan jenis hewan ternak yang termasuk dalam kelompok burung yang dimanfaatkan untuk daging dan telur atau bulunya. Umumnya merupakan bagian dari ordo Galliformes (seperti ayam dan kalkun), dan Anseriformes (seperti bebek).

Saat ini banyak unggas jenis tertentu yang sangat sulit sekali untuk ditemukan, hal tersebut terjadi dikarenakan unggas-unggas tersebut sengaja di jerat oleh manusia untuk diperjual belikan dan di ambil dagingnya. Selain itu juga hewan unggas tersebut tidak memiliki tempat tinggal yang sesuai dengan habitatnya, yang mana di lokasi unggas tinggal didirikan bangunan yang secara tidak langsung telah mengusik keberadaan unggas tersebut.

Sebagian dari kita mungkin pernah melihat jenis unggas ini secara langsung, tapi banyak juga yang hanya melihatnya di internet, dan tidak pernah melihatnya langsung.
Apa saja jenis unggas langka tersebut, langsung saja untuk kita ketahui bersama-sama :

1. Mentok Rimba

Jenis Unggas Langka
Mentok rimba (Cairina scutulata) merupakan termasuk jenis burung dari keluarga bebek. Penampakan burung ini mirip sekali dengan entok yang sering dipelihara oleh masyarakat. Yang membedakan keduanya, yaitu mentok rimba dapat terbang dan hanya mampu hidup pada lingkungan yang masih alami. Mentok rimba merupakan salah satu jenis burung air yang paling terancam punah. Oleh IUCN jenis burung ini dimasukkan dalam status “terancam” atau “Endangered”, artinya sedang menghadapai resiko yang sangat tinggi untuk punah dialam liar. Pada tahun 2002 diperkirakan populasinya tidak lebih dari 800 ekor diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri diperkirakan hanya sekitar 150 ekor di Pulau Sumatera, terutama di Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

2.  Burung Trulek Jawa

Jenis Unggas Langka

Burung trulek jawa (Vanellus macropterus) merupakan burung paling langka di Pulau Jawa. Burung air endemik pulau Jawa ini pernah dinyatakan punah oleh IUCN pada tahun 1994. Namun hal ini direvisi kembali menjadi kritis pada tahun 2000. Pada saat ini belum ada dokumentasi maupun keterangan secara ilmiah mengenai keberadaan burung trulek jawa. Beberapa ahli burung menganggap burung trulek jawa telah punah dari muka bumi. 


3. Angsa Batu

Jenis Unggas Langka

Jenis unggas yang satu ini memang sangat sulit sekali untuk ditemukan, keberadaan nya di alam bebas sudah dianggap punah, jika ingin melihatnya biasanya terdapat di kebun binatang yang memang memelihara unggas tersebut.

4. Maleo Kamur

Jenis Unggas Langka
Berukuran besar (56 cm). Seluruhnya hitam, dengan paruh merah sampai jingga dan tungkai jingga pucat. Kulit muka zaitun kekuningan, paruh jingga kemerahan dan iris mata kuning. Kepala ditumbuhi rambut pendek seperti bulu sikat berwarna hitam. Jantan dan betina mirip.
Bersuara sangat keras 2-6 nada, memekik dengan suara seperti keledai meringkik, lebih parau daripada Maleo kerah-coklat, dengan serangkaian nada pertama menyambung tinggi, nada terakhir agak lambat dan lebih rendah.

Penyebaran dan ras
Endemik Papua: P. Salawati, P. Misool dan Papua barat ke timur sampai S. Mimika dan Teluk Cendrawasih.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Menghuni hutan di dataran rendah dan hutan perbukitan sampai ketinggian 1600 m. Di kawasan Barat Daya menghuni relung habitat yang sama dengan Maleo paruh-hitam, tetapi hanya Maleo kamur yang masih dapat ditemui di relung habitat yang lebih tinggi. Mengais seresah dedaunan di lantai hutan untuk mencari biji-bijian, buah, artropoda dan verteberata kecil. Ketika terganggu akan terbang dengan kepakan berat ke pepohonan.

5. Belibis

Jenis Unggas Langka

Unggas jenis belibis memang belum punah, untuk bisa menjumpai belibis biasanya di daerah pedesaan yang terdapat rawa, unggas jenis ini sering kali di jerat secara massal oleh manusia tamak untuk di jual dan di manfaatkan dagingnya, hal tersebut lah yang dapat menjadikan hewan tersebut menjadi langka, hal tersebut bukan omong kosong, yang membuat hewan menjadi punah adalah ulah para penjerat hewan-hewan liar yang mengambilnya secara besar-besaran.

Demikianlah 5 Jenis Unggas paling langka di Indonesia, semoga bermanfaat, terima kasih.