Makanan Yang Dapat Mencegah Terjadinya Kebutaan Mata

Makanan Yang Dapat Mencegah Terjadinya Kebutaan Mata - Mata sehat adalah dambaan bagi setiap orang karena mata sendiri merupakan alat indera yang diciptakan tuhan agar kita dapat melihat semua keindahan yang ada di muka bumi ini.

Cara Mencegah

Berbicara tentang mata sudah pasti penyakit yang sangat di takuti adalah Kebutaan, yang mana kebutaan biasanya terjadi diakibatkan oleh faktor bawaan lahir ataupun faktor lain seperti terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan mata mengalami kebutaan.

Apabila saat ini kita belum mengalami masalah pada mata jangan senang dulu dikarenakan gaya hidup dan bertambahnya usia dapat menyebabkan penurunan fungsi penglihatan –bahkan tidak jarang hingga mengakibatkan kebutaan.

Selain itu ternyata ada cara yang dapat membantu mencegah penurunan fungsi organ mata, yaitu dengan nutrisi yang tepat. Tidak dipungkiri lagi bahwa nutrisi sangat membantu mencegah penurunan fungsi kerja mata kita. 

Banyak Nutrisi yang kita bisa konsumsi untuk menjaga mata agar selalu sehat yang dikutip dari KlikDokter.

1. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau, seperti: bayam, kangkung, daun singkong, dan sebagainya, mengandung kandungan tinggi lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk mencegah kerusakan mata. Lutein merupakan senyawa yang paling banyak ditemukan pada makula mata, dan berfungsi menutrisi makula dan retina mata agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Sementara itu, zeaxanthin merupakan senyawa karotenoid yang juga terdapat pada makula mata. Fungsi utama dari zeaxanthin adalah menjaga kesehatan sistem penglihatan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jumlah yang cukup dari lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko penyakit mata, khususnya AMD. Kedua senyawa ini juga tergolong sebagai antioksidan, sehingga dapat berfungsi menjaga sel-sel organ mata dari kerusakan dan mencegah katarak.

Selain kangkung dan bayam, sumber makanan lain yang memiliki kandungan tinggi lutein dan zeaxanthin adalah kacang polong, kacang pistachio, brokoli, jagung, kiwi, lobak, selada romaine, dan telur.

2. Buah-buahan berwarna cerah

Buah-buahan berwarna cerah, seperti: wortel, apel, jeruk, mangga, naga, anggur, paprika, dan sebagainya, merupakan sumber utama dari vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk regenerasi pigmen retina mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan buta senja (niktalopia), bahkan dalam jumlah besar dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Beberapa gangguan lain pada mata yang dapat diakibatkan oleh kurangnya vitamin A antara lain bercak bitot, keringnya kornea mata akbat gangguan kelenjar air mata (seroftalmia), dan kerusakan total kornea mata akibat gangguan keseimbangan produksi sel meibom (keratomalasia). Semua gangguan ini pada akhirnya bermuara pada kebutaan.

Alangkan lebih baik selagi kita masih diberi kesempatan agar kiranya selalu menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat untuk perkembangan organ mata yang kita miliki.

Itulah Makanan Yang Dapat Mencegah Terjadinya Kebutaan Mata, semoga bermanfaat, terima kasih.