Waspada Penggunaan 5 Produk Kecantikan Yang Sering Digunakan Sehari-hari

Produk kecantikan seperti lipstik dan primer memang bisa menyempurnakan riasan wajah. Begitu juga dengan retinol yang dikenal ampuh untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Namun produk-produk ini ternyata tak selamanya baik untuk kulit. Penggunaan berlebihan tanpa jeda justru memberikan efek negatif bagi kulit kita.

Produk Kecantikan
Jadi, produk apa saja yang sebaiknya tidak digunakan setiap hari, berikut ini merupakan 5 Produk Kecantikan yang tidak boleh sering dugunakan :

1. Primer

Face primer berfungsi sebagai dasar alas bedak dan concealer, meratakan warna kulit dan menyamarkan tampilan pori-pori di wajah. Namun makeup artist dari Starworks Artists, Allan Avendano menyarankan untuk tidak menggunakan face primer setiap hari. "Kebanyakan primer berbahan dasar silikon dan silikon ini menempel pada permukaan kulit,"
[Primer] memang bisa menghaluskan tampilan pori-pori, tetapi juga bisa menjebak keringat dan minyak di dalamnya, menyebabkan jerawat. Sebaiknya simpan [primer] untuk acara penting atau saat Anda merasa tekstur kulit sedang butuh permak.

2. Retinol

Ahli dermatologi untuk Avon mengatakan kalau retinol yang ampuh untuk mencegah penuaan dini bisa berdampak buruk untuk kulit jika diaplikasikan berlebihan.
Biasanya retinol dikemas dalam produk kecantikan dengan berbagai formula. Walaupun begitu, kadang retinol bisa menyebabkan pengelupasan atau rasa terbakar, terutama untuk kulit yang sensitif. Biasanya, konsumen yang menggunakan kosmetik berbahan retinol juga mengalami reaksi seperti ini.

Untuk para pengguna retinol pemula, saya merekomendasikan 0.5 retinol dan aplikasikan sekali atau dua kali seminggu. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologi bersertifikat untuk mengetahui retinol yang cocok untuk kulit Anda.

3. Clarifying shampoo

Clarifying shampoo biasanya memiliki formula yang lebih keras daripada shampoo biasa, karena fungsi utamanya adalah detoksifikasi dan membersihkan kotoran pada rambut dan kulit kepala. Namun menurut Derek Yuen, penata rambut profesional yang berbasis di New York dan Los Angeles, penggunaan clarifying shampoo setiap hari bisa menyapu bersih seluruh sebum dan minyak alami yang menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.
Derek menyarankan penggunaan clarifying shampoo seminggu atau dua minggu sekali. Selebihnya, gunakan shampoo biasa yang formulanya lebih ringan.

4. Lipstik matte cair

Pigmen dan efek tahan lama pada lipstik matte cair memang luar biasa, tetapi bahan-bahan di dalamnya yang menjadikan tahan lama itu juga bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah!" tutur makeup artist Molly Greenwald.
Formula lipstik matte cair yang minim minyak pelembap bisa menjadikan bibir kering dan kusam jika diaplikasikan setiap hari.

Untuk menjaga kesehatan kulit bibir, bersihkan sisa lipstik matte cair dengan minyak kelapa. Sebaiknya jangan gunakan lipstik jenis ini setiap hari. Sesekali beralihlah ke tinted lipbalm.

5. Conditioner

Kebanyakan orang boros menggunakan conditioner dan terburu-buru, menerapkannya dari akar hingga ke ujung, kemudian membilasnya dengan cepat. Conditioner dapat membuat rambut terasa berat, berminyak, dan kusam. Jika tidak dibilas dengan benar, conditioner akan meninggalkan endapan kotoran," tutur hair stylist Christian Wood.
Agar rambut tidak terasa berminyak dan cepat kotor, aplikasikan conditioner pada pertengahan hingga ujung rambut saja. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas rambut sampai benar-benar bersih.

Bagi anda yang mendambakan kecantikan agar selalu waspada dalam menggunakan produk kecantikan, semoga bermanfaat, terima kasih.